16 Juni 2008

SEKOLAH PEDALAMAN YANG SELALU LULUS 100% UAN


Sabtu 14 Juni 2008 merupakan hari yang mendebarkan bagi para siswa-siswi SMA diseluruh pelosak tanah air, sebab hari itu adalah hari penguman kelulusan buat siswa SMA, ada tangis, ada tawa ada luapan corat-coret baju ada luapan syukur dengan membagibagikan rizki kepada yang tidak mampu dijalan-jalan.

“Alhamdulilah akhirnya murid-murid ku lulus semua” dengan di sertai senyuman tanda luapan kebahagiaan Bu arsiyah demian wanita paruh baya ini biasa di sapa murid-muridnya. ibu arsiyah adalah salah satu pengajar di sekolah terpencil yang terletak dipedalaman Sumatra tepatnya di daerah OKU Timur sumatera selatan, apa yang menyebabkan beda dari sekolah dipedalaman ini? Sekolah ini adalah salah satu sekolahan di Indonesia yang mampu mencatat kelulusan 100%.

Terletak dijalan raya Belitang-Buay Madang tepatnya di dusun Muda Sentosa, kecamatan Buay Madang, SMA ini berdiri dengan kokohnya, SMA Negeri 1 Buay Madang ya demikian nama SMA yang mampu meluluskan 100% siswanya ini. Dengan kesederhanaanya seperti kebanyakaan sekolahan di daerah SMA Negeri 1 Buay madang telah membuktikan bahwa dirinya layak di jadikan salah satu SMA favorid di kecamatan Buay madang. Telah banyak Prentasi yang ditorehkan, SMA yang saat ini di Pimpin oleh Drs. Fahri Bastari ini kembali menorehkan prestasi yang luar biasa dengan mencetak angka kelulusan 100%.

Ditanya tetang rahasia kesuksesan meluluskan 100% siswanya Bapak Mensis ikut berbagi “ Guru harus kreatif dan juga Melakukan pendekatan emosional kepada siswa sehingga siswa memiliki kesadaran pribadi untuk belajar, sehingga kita tidak ngoprak ngoprak (Nyuruh;red) Buat belajar, biarkan jiwa anak merdeka” demikian di ungkapkan bapak mensis yang mengajar matapelajaran PPKN di SMA negeri 1 buay madang.

Sejalan dengan Mensis , Drs Muhamdi sebagai salah guru yang mengampu mata pelajaran matematika di SMA negeri 1 buay madang menuturkan bahwa kunci kelulusan siswanya terletak pada keihlasan guru dalam mengajar “hanya ketulusan dan keikhlasan seorang guru terhadap siswanya dalam memberikan ilmunya itu resep kelulusa kita yang 100%” demikian tuturnya.

Sedikit mengulas tentang SMA Negeri 1 buay madang salah satu kelebihan lain dari SMA yang meskipun jauh dari pusat kota Palembang, ibu kota propinsi Sumatera Selatan adalah terdapat banyak kegiatan ekstra kulikuler, seperti Komputer, Pramuka, Saka Bayangkara, seni baca al quran “Qiroah” agenda les tambahan disore hari untuk mata pelajaran yang di UAN kan. Serta masih banyak kegiatan lainya.

Tempat yang asri merupakan salah satu keunggulan SMA Negari ini, terletak di pinggiran sawah dan hutan membuat udara sejuk dan nyaman, ditambah lagi suasana bising yang hampir tidak ada. Karena letaknya yang sedikit masuk dari jalan raya sehingga menyebabkan frekuensi kendaraan bus lintas Sumatra tidak terdengar. Fasilitas yang cukup memadai dalam bidang olah raga pun merupakan nilai lebih dari sekolah yang terletak di Kabupaten OKU Timur Sumatra Selatan ini, satu yang menjadi catatan fenomal SMA NEGERI 1 Buay madang mampu meluluskan siswanya 100% tiap tahun kelulusanya termasuk tahun 2008 ini. Dan ini menjadi bukti di Negeri ini. meskipun jauh dari dunia modern namun dengan semangat belajar yang luar bisa dapat mencapai hasil yang mengagumkan sekaligus membanggakan. Meskipun hampir 80% siswa di SMA ini harus naik sepeda ontel (mengayuh) selama 30-45 menit untuk mencapai tempat sekolah mereka dengan kondisi jalan yang rata-rata masih berlubang dan berlumpur. Namun inilah salah satu bukti kekayaan negeri ini generasi yang cemerlang. Sudah saat nya pemerintah kita mulai peduli buat generasi bangsa yang berada jauh di pedalaman. Negeri ini patut tersenyum.@ Edi Cerdaspos.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Jadi teringat masa SMA Ni....Tapi bukan itu saja lho yang membanggakan SMA 1 Buay Madang. Masih banyak lagi yang kalau disebutkan satupersatu kayaknya ga cukup deh blog ini

Posting Komentar

 

Blogroll

Site Info

Text

CERDAS POS Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template